Sajian Rohani dalam Dongeng Imajiner: Semua Ikan di Langit

Setelah sebulan lebih membuka-tutup Semua Ikan di Langit karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie, akhirnya buku Ziggy yang memenangkan Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2016 ini, selesai juga. Menurut dewan juri, novel ini memiliki kemampuan bahasa di atas rata-rata, sehingga finalis lainnya tidak … Continue reading “Sajian Rohani dalam Dongeng Imajiner: Semua Ikan di Langit”

Ulasan Personal Intelegensi Embun Pagi: “Hidup Memang Hanya Untuk Bertanya”

Tiga hari yang lalu, saya baru saja selesai membaca installment keenam, atau seri terakhir dari Supernova yang diberi judul Inteligensi Embun Pagi. Selesai membacanya, saya seperti menelan makanan yang teramat banyak. Merasa penuh. Kemudian, dalam beberapa detik saja, saya merasa … Continue reading “Ulasan Personal Intelegensi Embun Pagi: “Hidup Memang Hanya Untuk Bertanya””

Menulis Berbagai Omong Kosong dan Bergembira

“Ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarang tak mati. Ia baru saja memperpanjang umurnya lagi.” ― Helvy Tiana Rosa *** Ternyata, banyak hal yang terjadi sejak saya iseng mencoba dunia kepenulisan. Berawal dari menulis omong kosong di blog pribadi, lalu … Continue reading “Menulis Berbagai Omong Kosong dan Bergembira”