MyWorks, Translation

The Singing Bone: Petualangan Dr. Thorndyke

[judul] The Singing Bone: Petualangan Dr. Thorndyke
[penulis] R. Austin Freeman
[penerjemah] Ayu Welirang
[penerbit] Maneno Books
[jenis] Kumpulan Cerita Pendek
[genre] Fiksi Kriminal, Detektif, Inverted Detective
[terbit] 2 September 2021
[tebal] 330 halaman


Koleksi cerita detektif inverted dengan tokoh Dr. Thorndyke yang mengesankan!
Silas Hickler, pedagang dan pencuri batu-batu berharga, baru saja hendak berangkat ke stasiun kereta. Dia menanti waktu keberangkatan di rumahnya dan bertemu Oscar Brodski. Dia tak pernah ingin membunuh, tetapi nafsu jahat itu merayapi dirinya secara tiba-tiba saat dia menerawang paket batu berharga yang mungkin dibawa Brodski. Sebab, apa lagi yang hendak dilakukan lelaki tua malam-malam di sebuah jalan setapak menuju stasiun yang sama? Pasti dia hendak bertransaksi berlian juga di Amsterdam, yang hanya bisa ditempuh oleh kereta itu. Pembunuhan pun terjadi dan Silas membuat semuanya agar tampak seperti sebuah kecelakaan orang mabuk di tepi rel kereta. Namun, yang tidak Silas prediksi adalah kemunculan dokter forensik bernama Dr. Thorndyke dan rekannya, Christopher Jervis.

***
Cerita detektif inversi adalah jenis cerita detektif di mana para pembaca telah mengetahui pelaku. Namun, detektif dalam cerita belum mengetahuinya. Cerita-cerita di dalam The Singing Bone adalah contoh nyata sebuah misteri yang benar-benar telah terbuka, sehingga pertanyaannya bukan lagi "whodunit" melainkan "howcatchem" atau bagaimana menangkap dan bagaimana para pelaku mengeksekusi kejahatan mereka.

Buku ini diterjemahkan oleh Ayu Welirang dan memenangkan Juara Harapan II "Kontes Menerjemahkan Kisah Klasik" yang diadakan oleh Storial pada Mei 2021. Kata pengantar baru juga disajikan oleh M. Fadli dari Detectives ID yang telah menerbitkan cerita detektif inversi pertama di Indonesia, berjudul "Nostalgia Merah".

***

Kumpulan ulasan The Singing Bone dari para pembaca:
You May Also Like This Post