Rekapitulasi Buku dan Tantangan Baca 2019

Memasuki tahun 2019, saya ingin merekap bacaan selama tantangan membaca di tahun 2018. Selain itu, di post kali ini, saya akan berbagi tantangan membaca tahun 2019. Beberapa buku bacaan yang paling menarik dan telah saya ulas di Goodreads, akan muncul dalam daftar di bawah.

Tahun lalu, saya memasang target dalam tantangan membaca sebanyak 36 buku. Jadi, rata-rata per bulan seharusnya saya bisa membaca 3 buku. Namun, pada praktiknya, ternyata cukup banyak bulan di mana saya sama sekali tidak membaca buku. Kadang hanya membaca dan tidak selesai, sehingga ditumpuk pada bulan berikutnya.

Goodreads Reading Challenge Recap

Saat membayar beberapa bulan kosong tanpa bacaan, saya membaca buku-buku yang mudah dicerna. Beberapa di antaranya adalah serial Olga oleh Hilman Hariwijaya. Karena saya tidak ada buku fisik, saya membacanya lewat aplikasi perpustakaan yang telah banyak dikembangkan oleh programmer di Indonesia.

Serial “Olga Sepatu Roda” oleh Hilman H

Dari total 36 bacaan, buku yang memiliki halaman terbanyak adalah Dunia Sophie. Buku ini termasuk daftar re-read, karena saya sempat lupa akan isinya. Dunia Sophie saya baca kembali di tahun 2018 untuk riset tentang novel filsafat ringan. Kemudian, genre yang dibaca pada tahun 2018 juga beragam, di antaranya genre detektif, thriller, misteri, cerita pendek, drama, konten kriminal, dan sisanya “tanpa tag”.

Rekapitulasi “Goodreads Reading Challenge” 2018

Bintang penuh saya berikan pada enam buku saja, yaitu 1984 (George Orwell), Kambing dan Hujan (Mahfud Ikhwan), Sarongge (Tosca Santoso), Aroma Karsa (Dee Lestari), Belajar di Mikrolet (Agung Al-Badamy), dan Nostalgia Merah (M. Fadli). Sisanya dapat dilihat pada gambar di atas.

Bagaimana dengan tahun 2019?

Tahun ini, saya memasang target tantangan membaca sebanyak 48 buku. Saya berharap agar dapat membaca minimal empat buku setiap bulannya. Untuk genre yang dicari adalah fiksi kriminal dari beberapa penulis Indonesia. Kebetulan teman-teman grup fiksi kriminal juga sudah memiliki catatan naskah yang akan mereka terbitkan di 2019 ini. Semoga dengan tantangan membaca 2019 ini, saya juga dapat meramaikan khazanah fiksi kriminal di Indonesia.

Bagaimana dengan kalian? Apakah sudah memasang target buku bacaan untuk 2019 ini?

Let’s talk about books and crime fiction! Drop me an email, here: Contact Icon

Scroll Up