Cara Mendaftar VPS DigitalOcean Tanpa Kartu Kredit

Halo!
Kali ini saya lagi nggak mau bagi-bagi tips menulis dulu. Artikel hari ini akan menceritakan tentang bagaimana caranya mendaftar VPS DigitalOcean tanpa harus memiliki kartu kredit. Selain daftarnya gratis, kita juga akan mendapatkan DigitalOcean credits sebesar $10 lho! Lumayan. Bisa untuk deploy droplets dengan SSD sebesar 25GB dan bandwidth 1TB. Asyik~

Kebetulan saya bekerja sebagai DevOps (SysAdmin merangkap deployment gitu) dan sering merasa geli sekaligus kepinginan aja gitu sama yang namanya cloud servers. Hampir semua layanan cloud servers itu saya pernah daftar, mulai dari AWS (yang paling terkenal), Google Compute Engine (GCE), Linode, DigitalOcean, bahkan yang terbaru ini, saya mencoba AliBaba Cloud (Alicloud).

Hal ini berawal dari hijrahnya saya dari shared hosting. Selain karena punya cloud servers tentu saja rasanya seperti kita punya server sendiri. Bedanya, kita tidak perlu mengatur atau me-manage data center secara fisik. Kita hanya perlu klik sana dan sini, lalu server kita jadi. Bagi mereka yang punya kemampuan OS Linux berikut perintah-perintah terminal, pastilah senang mengutak-atik instance tanpa tampilan desktop. Namun, sistem mumpuni seperti ini tentu saja sulit digunakan atau dimiliki, jika kita tidak punya kartu kredit yang bisa dipakai sebagai alat pembayaran global.

Akhirnya, setelah banyak surel saya yang mampir di berbagai macam penyedia cloud system, atau biasa disebuat IaaS (Infrastructure as a Service), saya memutuskan untuk membuka akun personal di DigitalOcean. I’ll stick with DigitalOcean.

Pilihan saya jatuh pada DO, karena DO agak lebih mudah untuk provisioning, tidak seperti AWS atau AliCloud yang masing-masing fungsi cloud itu terpisah. Satu instance di AWS, dibuat dengan berbagai fitur untuk akhirnya dapat terhubung dengan dunia maya.

Satu instance EC2, membutuhkan block storage di fitur EBS, lalu butuh image yang bisa dipilih dari berbagai template server di AWS dan butuh konfigurasi lain yang jika hanya akan saya pakai sebagai akun personal, tentu saja buang-buang waktu. Karena pertimbang ‘malas buang-buang waktu’ inilah, saya memilih DigitalOcean.

Jadi, singkat kata, saya mendaftarkan diri. Setelah berhasil mendaftar dan login, halaman pertama yang ditemui tentu saja halaman ‘verifikasi pembayaran’. Bagaimana cara saya masuk ke dashboard untuk membuat server saya jika tidak punya kartu kredit?

Solusinya adalah……

Memanfaatkan akun PayPal saya. Selama ini, saya tidak mendaftarkan kartu kredit atau debit, melainkan hanya mendaftarkan informasi bank ke PayPal. Tidak perlu top up atau semacamnya. Hanya biarkan PayPal login di browser saja.

Setelah itu, kembali ke akun DigitalOcean yang memunculkan halaman verifikasi kartu kredit. Tinggal pilih tab kedua, yaitu PayPal. Di sana, barulah kita diminta mengisi credits, semacam tabungan atau deposit untuk nanti membeli droplet. 
Harga lima dolar ini, setara dengan harga satu bulan Standard $5 droplets (sebutan untuk instance di DigitalOcean). Standard $5 sendiri adalah sebuah droplets yang memiliki sumber daya RAM 1GB, 1 CPU core (tentu saja tidak shared seperti sistem hosting), SSD 25GB, dan data transfer sebesar 1TB. Untuk size droplets lain, silakan cek di bawah ini.

Nah, setelah berhasil verifikasi pembayaran, saya checkout PayPal sebesar $5 dengan memakai virtual credit card. Biasanya, bank di Indonesia seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan lainnya, memiliki fitur VCC untuk diaktifkan. VCC ini berlaku seperti kartu kredit, hanya saja kita tidak akan berutang. Kita hanya akan memindahkan saldo di tabungan atau rekening bank, ke dompet online. Virtual credit card sebenarnya berfungsi seperti kartu debit pada umumnya, tetapi uang bisa dilewatkan ke proxy seperti PayPal.

Pembayaran pun berhasil, dan akhirnya saya bisa memiliki akun personal di DigitalOcean. Tidak perlu iseng create and destroy lagi deh, seperti di akun DO saya yang lain (sebab di akun yang satu lagi, DO-nya punya orang sekantor. Hehe).

Digitalocean’s Dashboard

Akhirnya, bisa mulai provisioning sumber daya dari droplets yang diinginkan, lalu instalasi aplikasi yang diinginkan. Mungkin dimulai dari bikin box WordPress dengan tambahan redis atau varnish? 😀

Oh ya, saya ada bonus nih! Yang mau coba DigitalOcean secara gratis, bisa mendaftar ke DigitalOcean lewat link saya di sini: https://m.do.co/c/4bf509b54e96

Nanti, kalian akan langsung dapat $10 ke credits DO kalian dan bisa langsung digunakan untuk launch server kalian.

Terima kasih telah membaca! Jangan lupa tinggalkan kesan juga tulis pengalaman kalian di kolom komentar ya. Selamat mencoba!

Let’s talk about books and crime fiction! Drop me an email, here: Contact Icon

Scroll Up