Segala yang Duren Itu... Enak!

Saya menggemari durian. Di keluarga, ada yang alergi durian, yaitu Mama. Tapi, Bapak dan Dek Ita suka durian juga. Jadi, kalau kami sedang pesta durian, pastilah kami sengaja malah memamerkan bau durian yang menyengat di depan Mama. Mama pasti ngomel, tapi sambil tertawa. Ya begitulah sepotong cerita tentang keluarga kami yang banyak tertawa.

Alkisah, kesukaan saya pada durian tidak berhenti hanya di buahnya saja, tetapi juga olahan lain durian yang sering dijumpai di pinggir jalan sampai di gerai makanan mahal yang menyajikan menu durian. Beberapa makanan dari durian itu sudah saya coba, walau tidak semua. Ada juga beberapa makanan yang sepertinya kurang saya sukai, walau berbahan dasar durian. Semua itu biasanya hanya karena faktor buah duriannya yang sudah menjadi fermentasi, seperti sambal durian, tempoyak, atau tape ketan durian. Kalau rasanya sudah agak asam karena fermentasi dan kehilangan cita rasa durian asli, saya biasanya tidak makan.
Saya waktu masih gendut
Dari beberapa varian durian yang sudah diolah menjadi makanan, saya menyukai es cendol durian khas Padang (yang kata suami saya biasanya mereka hanya jual nama, tetapi tidak seenak yang di Padang sana). Lalu, ada juga es durian yang lagi-lagi khas Padang (ini berbeda dengan sup durian lho ya!). Selain itu surabi durian yang pernah saya beli jauh-jauh ke Jalan Sukasari III, Bogor adalah favorit saya. Selain harganya yang murah, rasanya juga top. Walau sebenarnya sama saja sih, karena ongkos dari Tangsel ke Bogor kan lumayan. Setara lah jadinya harga surabi durian yang aslinya hanya 7ribu-an menjadi sekitar 20ribu-an (sudah plus ongkos dari Tangsel). Haha.
Es Cendol Durian di Bogor Selatan
Nah, beberapa makanan durian ini ada kisah uniknya, salah satunya es durian Iko Gantinyo. Saya mencoba es durian di salah satu gerai daerah Gading Serpong. Ketika di sana, ada mobil plat BA. Kata suami, itu plat mobil dari Padang. Wah, tambah mengesankan saja nih. Sambil menunggu es durian terhidang, saya dan suami mengobrol seputar kemungkinan bahan yang diimpor langsung dari Padang dan juga kisah  unik tentang kejadian pecah kongsi antara gerai es durian.

Konon, Iko Gantinyo ini adalah salah satu gerai yang pecah kongsi. Dahulu, ada seorang pembuat es krim bernama Incek Sinyo. Di Padang sendiri, para penerus es krim durian Incek Sinyo ternyata pecah kongsi dan membentuk gerai masing-masing. Salah satunya adalah Iko Gantinyo (mungkin secara harafiah artinya menggantikan yang 'itu'). Lalu, gerai es durian yang katanya asli dari Incek Sinyo, bernama "Ganti Nan Lamo", yang secara harafiah berarti "menggantikan yang lama". Dua gerai ini masing-masing mengklaim bahwa keduanya adalah penerus dari es krim durian Incek Sinyo. Tapi, walau pecah kongsi sepertinya kedua es durian ini sama-sama enak dan harganya juga sama-sama bersahabat (kalau di Padang). Di cabang Gading Serpong sih harganya standar Jabodetabek, kisaran 20.000 sampai 35.000. Tapi, serius deh, rasanya memang enak dan tidak seperti es krim atau sup durian pada umumnya yang daging duriannya sedikit, malah lebih banyak biji duriannya.
Iko Gantinyo Serpong
Di Iko Gantinyo, strategi supaya buah duriannya terasa banyak yaitu dengan dijadikan pasta durian. Jadi, dengan daging durian sekian kilogram, bisa menjadi pasta berliter-liter, juga ditambah sedikit essens. Hmmm, walau begitu, serat duriannya tetap terasa dan yang pasti tetap enak.

Jadi, buat teman-teman yang ingin mampir dan mencoba es durian ala Sumatera Barat ini, silakan mampir ke Ruko Bolsena Blok C No. 19, Jalan Raya Bouleverd, Gading Serpong.

Selamat mabuk durian!

***

Tema khusus posting blog ini dibuat dalam rangka meramaikan "Minggu Tema: Kuliner" di Komunitas #1m1c - 1 Minggu 1 Cerita

You Might Also Like

4 comments

  1. Ya ampuuuuun aku ngeces lho lihat olahan durennya
    Secara disini pecinta duren garis keras hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbaaaak Arni. Paraaah emang duren itu enak banget yak. :))
      Aku sampe berkelana kemana-mana cuma untuk cari olahan duren. XD

      Delete
  2. Sebagai duren lovers.. saya nyatakan saya ngilerrrrrrr berraaatttt...😂😂

    ReplyDelete