Rekomendasi Kegiatan untuk Jomblo Berkualitas


Malam Minggu biasanya jadi malam panjang sekaligus mimpi buruk para jomblo. Segala cara dilakukan agar jomblo mania bisa melewati satu hari bernama Sabtu dengan sukacita atau dengan perenungan yang luar biasa berarti—meskipun sebenarnya tidak begitu berarti karena setelah hari itu, para jomblo tetaplah jomblo. 

Lantas, bagaimana caranya agar para jomblo dapat melewatkan malam Minggu mereka dengan elegan dan menjadi jomblo berkualitas yang kaffah? Berikut ini ada lima kegiatan yang bisa dilakukan oleh para jomblo agar malam Minggu menjadi lebih berkualitas dan tak perlu dilewatkan dengan tangisan sepanjang malam. 

1. Membaca Buku Anti Galau 
 
Sebagai jomblo yang selalu ingin mencapai aktualisasi diri, maka membaca buku anti galau jadi salah satu pilihan di malam Minggu. Seperti yang dikatakan malaikat, “Iqra!” Maka bacalah apa-apa yang bisa kamu baca dengan catatan, dilarang membaca buku yang malah mengundang galau masuk ke celah-celah kamar kosmu atau mengintip lewat lubang kunci kamarmu. Bacalah buku-buku yang sekiranya bermanfaat dan bertopik berat, agar kamu, wahai para jomblo, senantiasa diberi karunia akal yang panjang dan tak ada celah memikirkan mantan yang telah lalu.

2. Menerjemahkan Fiksi Luar yang Belum Ada Terjemahannya 
 
Jomblo yang baik budi tentu akan mensejahterakan umat. Maka, jika ada buku fiksi luar yang menurutmu menarik untuk diwartakan pada seluruh umat manusia, khususnya para jomblo yang membutuhkan asupan otak agar memori mantan terhapuskan, lakukanlah penerjemahan! Sebagai contoh, Satanic Verses punya Salman Rushdie bisa jadi pilihan penerjemahan—meski saya tidak tahu juga apa sudah ada yang menerjemahkannya ke bahasa Indonesia atau belum, tapi sepertinya sih belum ada. Atau buku apalah yang sekiranya bisa membuang galau para jomblo di malam Minggu. Jangan lupa, sebelum diterjemahkan, foto-foto dulu ke instagram, biar banyak para jomblo atau mereka yang punya pasangan jadi iri karena bukunya itu langka sekali. 

3. Berdiskusi Kopi di Lapak Gratisan
 
Banyak jalan menuju Roma, banyak cara pula melupakan mantan! Misalnya, kamu ludahi saja tempat yang biasa kamu kunjungi bersama mantan. Sebagai contoh, warung kopi favorit mantanmu yang mahal sekali itu. Lupakan bahwa dahulu kamu selalu mentraktir dia kopi mahal, dan datanglah sekarang seorang diri ke lapak-lapak kopi yang setiap hari Sabtu selalu membuka kelas cupping coffee gratis, apalagi dengan terms & condition. Misalnya, syarat ngopi di sana adalah, kamu harus jomblo! Wah, sorak sorai tentunya! Jadi, kamu bisa mentertawakan mereka yang tidak jomblo, karena mereka tidak bisa ikut minum dan diskusi kopi secara gratis! 

4. Mengunjungi Pameran atau Acara Musik Gratis! 
 
Buat apa membayar, kalau ada yang gratis? 

Banyak tempat yang bisa membuat kamu berpikir tanpa harus membuka memori tentang kekasihmu yang telah lalu. Misalnya, kalau dulu kamu selalu datang bersama mantan ke acara-acara sosialita, musik-musik masa kini yang hits sekali, atau ke pameran-pameran seni karena mantanmu yang mau, padahal kamu tak begitu ingin, maka sekarang nikmatilah kesendirianmu! Banyak acara musik keren yang gratis akhir-akhir ini! Selain gratis, kamu bisa basa-basi, siapa tahu ada orang yang kamu taksir tiba-tiba? Mbak-mbak hijaber misalnya? Maka, kamu bisa menerapkan prinsip, “Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui!” 

5. Halau Galau dengan Puisi! 
 
Kalau kamu memang tak berniat kemana-mana di malam Minggu, maka satu-satunya cara untuk melupakan galaumu adalah dengan menarik galau itu ke dalam lautan kata. Banyak media yang sabar mendengarkan ocehanmu. Blog, Tumblr, Facebook, atau mungkin Twitter. Di sana, kamu bebas berpuisi, menulis apapun, atau bahkan menghina apapun. Tapi, lakukanlah semua itu dengan elegan. Halau galaumu dengan puisi 140 karakter bebas! Jangan lupa cantumkan hashtag, supaya nge-hits! Siapa tahu kan, kamu bisa jadi sejajar dengan Dwitasari, si dewi galau. 

Jadi, masih menganggap malam minggumu membosankan? Mungkin kamu memang belum menemukan kegiatan berkualitas untuk dirimu! Nah, lima hal di atas mungkin hanya sebagian contoh kegiatan yang bisa dicoba bagi para jomblo kesepian setiap malam Minggu. Ada banyak lagi kegiatan yang sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus mengingat bahwa kamu adalah jomblo! Selamat malam mingguan dengan berbahagia!

***

P.S.
Artikel ini pernah dikirim ke Mojok, tetapi ditolak. Mungkin kurang lucu, kurang sinis, atau kurang nakal. Ehe~

You Might Also Like

0 comments