Posts

Showing posts from September, 2013

Kontemplasi Dini Hari: Ke(tidak)bahagiaan?

Minggu malam, ke Gramedia. Alih-alih mencari kebahagiaan dalam seteguk cappucino dingin sembari membaca buku yang baru saja saya beli di Gramedia Mall Ambassador, malah tak jadi. Saya ingin berada di keramaian meski sendirian. Ingin melihat-lihat manusia yang masih menggadaikan waktu tidur demi mencari setitik kebahagiaan di tengah pusat keramaian kota, sebuah Mall raksasa. Tapi, kedai kopi tutup dan tumben sekali, lokasi mall sudah sepi. Padahal, jam baru menunjukkan pukul delapan malam. Ke mana manusia-manusia penggadai itu? Apakah sudah jenuh terhadap waktu?
Ah, dini hari ini hanya bisa berpikir tak terbatas. Semua bayangan dan pikiran, berlalu sekelebatan. Mereka bergantian, dan memenuhi kepala. Selain berpikir, saya pun sedang mencoba untuk membaca. Buku yang barusan saya beli, rupanya masih ada sangkut-pautnya dengan satu kata bernama 'kebahagiaan'. Baru membaca beberapa halaman depan saja sudah membuat saya tertawa geli. Tertawa pada hidup, tertawa pada sepi.
Kurang le…

Langit Indonesia Masih Tetap Ramah

Image
Rasanya sudah lama tidak naik gunung. Mulai naik lagi dan setelah turun, kaki rasanya kebas, mati rasa. Pulang dari Prau, saya bahkan tak bisa menekuk lutut. Harus selalu lurus. Tapi, memang harganya bersusah-susah itu pasti ada, seperti keindahan yang tak terungkap kata. Cahaya dan langit yang membias merah muda, romantis membayangkannya. Itulah alasannya kenapa saya lebih suka berada di ketinggian daripada di lokasi nol meter DPL. Saya suka pantai memang, tapi tak bisa mengalahkan rasa suka saya terhadap gunung-gunung yang masih bisa dieksplorasi di Indonesia. Untuk itu, saya akan terus berjalan. Tidak untuk mengeksploitasi mereka, hanya untuk bergumam bahwa, "Tuhan sungguh baik. Tuhan sungguh tak pernah lupa untuk menyisakan sedikit rasa surga di dunia." Apakah surga seperti pemandangan semesta yang saya lihat tempo hari? Ah, berandai-andai hanya membuat saya terus tersenyum saja. Langit Indonesia masih ramah dan romantis seperti biasanya. Kalau saya tidak mendapatkannya …