Posts

Showing posts from February, 2013

Review Rectoverso: "How This Sentimental Fool Can Be?"

Image
Malam Senin, 19 Februari, sebelum berangkat keesokan harinya menuju Bandung, saya menyempatkan diri untuk melihat ekranisasi dari kumpulan cerpen Dewi Lestari yang dijadikan film omnibus. Mengambil lima kisah dalam buku "Rectoverso", saya pun antusias sekali. Terlepas dari masalah bagaimana ekspektasi seseorang akan tercipta, saya tetap melancarkan aksi untuk menonton. Hehehe. Sekali-sekali ke bioskop, boleh lah.
Lima cerpen yang terpilih adalah Malaikat Juga Tahu, Hanya Isyarat, Firasat, Cicak di Dinding, dan Curhat Buat Sahabat. Kelimanya memang cocok untuk membangun perasaan sensitif, apalagi premiere Rectoverso yang disuguhkan pada saat hari kasih sayang. Sepertinya, akan banyak yang menangis atau bertanya-tanya tentang cinta yang tak sewajarnya. Cinta yang tak bisa memiliki, meski dia telah utuh.

Awal kisah menggambarkan Lukman Sardi yang berperan sebagai Abang dalam bingkai "Malaikat Juga Tahu". Abang adalah seorang yang menderita keterbelakangan mental. Per…

Si Bandel Yang Lelah, Gamang Untuk Pulang

Image
Gadis skeptis agak kehilangan sedikit minat bacanya. Maka, dengan susah payah dia menyelesaikan buku sekuel dari Gol A Gong berjudul Balada si Roy. Buku pertama dan kedua dijadikan satu pada cetakan terbarunya. Ini menyenangkan, karena gadis skeptis tak harus menunggu buku lanjutan untuk mengetahui kisah. Seminggu lebih, Joe Avonturir berhasil ditamatkannya.

Hampir tak banyak yang bisa diceritakan si gadis skeptis, kecuali permainannya dengan takdir dan jodoh. Dia sedang senang berjalan kesana-kemari, tanpa arah dan tujuan. Selalu disandangnya ransel, ya mirip dengan si bandel yang ada dalam buku ini. Gadis skeptis sedang bimbang, sama seperti Roy, dia pun gamang untuk pulang.
Buku pertama dan kedua ini menceritakan kisah awal Roy. Dengan kehancuran yang luar biasa hebat pasca meninggalnya sang ayah, Roy harus memulai semua dari bawah lagi. Dalam kehidupan remajanya yang labil, tak jarang menemui konfik yang membuat remaja Roy harus bernafas lelah. Dalam kebimbangan, Roy menemukan ci…