Arsip Novel Pertama, Tujuh Divisi Untuk #PSA2

Yeay!

Akhirnya, perencanaan novel Tujuh Divisi sejak bulan Desember 2011, bisa selesai di tahun ini. Dengan banyak pertimbangan dan edit sana-sini, akhirnya saya menyelesaikan draft novel pertama saya. 

Berhubung saat ini, Grasindo sedang membuka event kepenulisan, pertama-tama saya akan mencoba peruntungan untuk draft novel ini di acara Grasindo yang ini, yaitu Grasindo "Publishers Searching for Author 2" atau yang biasa disingkat #PSA2. 

Setelah sukses dengan event #PSA1, maka Grasindo mengadakan lagi acara yang sama, dengan tema "Novel Rasa Indonesia". Nah, selengkapnya ada di gambar berikut:


GRASINDO PSA2

Nah, setelah menyelesaikan penggarapan naskah selama setahun lewat, akhirnya saya benar-benar menyelesaikannya di hari ini, lengkap dengan sinopsisnya. Dan rasanya campur aduk. Rupanya begitu ya rasanya jadi penulis, sehari-hari curi waktu menulis di kala kerja, atau mengambil waktu tidur untuk menulis. Atau bahkan, menulis saat makan siang. Pokoknya, menulis terus sehingga tak ada celah untuk serangan writer's block. Hehe. Sebab, rasanya kalau sedang WB itu, ide lari entah ke mana.

Tapi, dengan semangat dari Abang (cieeee), saya akhirnya melanjutkan novel ini. Dan hari ini, saya menyelesaikannya dengan mendapatkan 163 halaman, 48.427 kata. 

capture novel :D

Sebenarnya, target penulisan itu ingin saya tembus sampai 50.000 kata, seperti yang seharusnya dilakukan oleh novel ini pada #J50K, event Kampung Fiksi yang saya ikuti pada Januari 2012. Tapi, memang tidak berjodoh dengan 50K, maka saya putuskan untuk melanjutkan novel ini sampai benar-benar menemui ending. Tak jadi soal berapa jumlah katanya, saya tetap tutup seperti yang saya lakukan saat ini.

Dan inilah hasilnya, jabang bayi yang kelak lahir, dengan doa. Dan bantulah saya berdoa, agar naskah ini lolos dan bisa lahir ke dunia.

Amin.



You Might Also Like

14 comments

  1. Good luck ya Ayu. Kabarin kalo udah terbit :)

    ReplyDelete
  2. cemungudd kk ceperr.. :D

    ReplyDelete
  3. ada gambar kompasnya.... ditunggu ah. biar abang menanti halah..... SemangArt!apalagi pake angka tu7uh... saya menanti dengan sabar.

    ReplyDelete
  4. Aku tunggu kelahirannya, mudah2an sukses teteh ayu... yeeaaaahhh \m/

    ReplyDelete
  5. @Ivan Sahabat Rimba aamiiiin... hatur nuhun Ivan... doakan terus! \m/

    ReplyDelete
  6. waah keren teh, novel tentang apa teh bocorannya? :)

    ReplyDelete