Posts

Showing posts from January, 2012

Wayang Kampung Sebelah at Semalam Bersama Gusdur

Image
Sebenarnya, baru beberapa bulan terakhir ini saya mempelajari kultur budaya di Indonesia, khususnya Jawa dan Bali. Semua itu saya lakukan sebagai referensi untuk saya menulis cerita dan beberapa esei ringan. Yah begitulah kalau saya sudah mulai menulis, maka saya tidak akan bisa berhenti lagi. Dan kali ini, saya akan membuat sebuah ulasan tentang acara wayang yang diinformasikan oleh seorang teman blogger bernama Abdullah Alawi.
Nah, acara ini diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Abdurahman Wahid alias Bapak Pluralis Indonesia, Gus Dur. Acara lebih dititikberatkan pada acara kebudayaan, sepertinya. Saya sendiri datang saat acara wayangnya saja karena memang saya sebelumnya mampir dulu di tongkrongan teman-teman saya di Kampung Utan Ciputat.
Saat itu, teman-teman sedang berkumpul dan ketika saya menginformasikan tentang acara wayang yang akan diadakan di Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta oleh panitia Haul Gusdur dengan penampilan Wayang Kampung Sebelah, mer…

(Intermezzo) Penokohan Tujuh Divisi

Image
Halo sobaaaat! :) Sebenarnya saya lagi stuck lho! Kenapa? Ya karena sesuatu hal yang menyebabkan saya sibuk dan sulit untuk berpikir tentang plot, alur, dan sebagainya. Jadi, untuk chapter Tujuh Divisi sepertinya akan saya pending dulu untuk sementara. Mungkin, nanti malam saya baru bisa posting lagi untuk bagian ke-4 dari Tujuh Divisi. 
Nah, karena waktu itu Mama Dellasempat mengomentari tentang tokoh Ichan di sini, mungkin saya akan membuat sedikit gambaran akan para tokoh di Tujuh Divisi. Di posting-an kali ini, saya cuma mau memberikan gambaran tentang tokoh yang ada di Tujuh Divisi. Beberapa tokoh saya gambarkan dan memang saya deskripsikan agak mirip dengan orang-orang di sekitar saya. Salah satunya adalah si suami gondrong. >:D~~~ Buat tokoh-tokoh yang lain, yang sekiranya pas menggambarkan tokoh-tokoh Tujuh Divisi, saya ambil dari para tokoh di layar kaca. :)


Nah, silakan langsung simak saja penokohan yang saya gambarkan.

Sepanjang jalan Djuanda Ciputat, Tangerang Selatan,…